Selasa, 30 Oktober 2012

setiap anak itu unik

Allah menciptakan manusia ini bermacam-macam, walaupun seorang itu memiliki kembar identik tetap memiliki perbedaan dan keunikan tersendiri. sebagaimana pula anak didik kita tidak memiliki karakteristik yang sama antara satu anak dengan anak lainnya. ada yang pemberani, ada yang percaya diri, ada yang telaten, ada yang aktif ada yang pendiam. semua itu adalah keunikan anak kita masing-masing.
Dengan demikian guru merupakan sosok yang memberikan pengaruh besar terhadap pendidikan seorang anak, harus mampu  bersikap bijak dalam menghadapi anak-anak yang unik tersebut. guru mempunyai pandangan bahwa setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, guru tidak berhak menghakimi bahwa anak ini pinter, bodoh, nakal, pendiam dan sebagainya. karena kecerdasan seseorang itu komplek tidak hanya diukur dari kecerdasan intelegensi saja. sebagai contoh jika anak itu dikatan pintar dan selalu mendapatkan rangking satu di kelasnya. namun ternyata dia kurang suka untuk bersosialisasi dan susah diajak kerja sama, jika kerja kelompok siswa yang pandai ini selalu mengerjakannya sendiri. befgitupun anak yang kelihatannya pendiam dan bodoh namun di sisi lain dia punya kelebihan ternyata dia unggul dibidang seni rupa. dia pandai sekali melukis dan membuat sya'ir.
nah kita sebagai guru harus mampu memaklumi hal tersebut dan mampu mencari kelebihan dari anak didik yang kita hadapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar